Mengemat Batrai Laptop di Ubuntu

Penggunaan baterai merupakan hal yang sangat penting untuk perangkat-perangkat portable seperti smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain. Banyak sekali software maupun hardware yang dibuat berkaitan dengan penggunaan baterai ini. Terlalu banyak software yang dibuat untuk "menghemat" penggunaan baterai, dari segi hardware pun sudah banyak beredar powerbank atau baterai dengan daya besar untuk mengatasi kehabisan baterai di saat yang tidak diinginkan. Hal tersebut menunjukkan baterai merupakan hal yang krusial, terutama di laptop. Tentunya kalian ingin laptop bisa menyala selama mungkin tanpa harus repot-repot mencari colokan untuk mengisi baterai. Nah, jika kalian menggunakan Linux khususnya Ubuntu, berikut saya kasih info mengenai aplikasi yang bisa menghemat baterai. Perkenalkan TLP!

Berbeda dengan aplikasi "penghemat" baterai yang lain, TLP tidak mempunyai tampilan GUI yang keren. Aplikasi ini berjalan di belakang layar untuk menghemat penggunaan baterai. Terlebih lagi, TLP memungkinkan kalian untuk mengatur semua aspek untuk penghemat baterai. Intinya, semua dalam kendali Anda!

MENGINSTAL TLP DI UBUNTU

Oke, langkah yang pertama adalah buka terminal kamu, lalu ketik perintah dibawah ini.

$ sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp  
$ sudo apt-get update  
$ sudo apt-get install tlp

Setelah selesai instalasi, restart laptop anda, maka TLP akan otomatis melakukan start, atau anda juga dapat melakukan start secara manual dengan terminal menggunakan perintah:

$ sudo tlp start

MELIHAT KONFIGURASI AWAL

Ketika diinstal, TLP melakukan konfigurasi awal (default) untuk mengatur penggunaan baterai kalian, untuk melihat konfigurasi tersebut ketik perintah berikut:

$ sudo tlp stat -c

MENGUBAH KONFIGURASI

Nah, jika kalian ingin mengubah konfigurasi ini, silakan edit file "/etc/default/tlp" tentu saja dengan root privileges. Sebagaimana yang saya biang tadi, kalian mempunyai kendali penuh terhadap pengaturan penggunaan baterai dengan TLP, seperti kalian bisa mematikan LAN jika kalian sedang terhubung dengan wifi dan sebaliknya, perangkat apa saja yang dinyalakan ketika komputer menyala, mengatur waktu sleep hard-disk, dan sebagainya.

$ nano /etc/default/tlp

Setelah melakukan konfigurasi, anda dapat mengecek hasilnya melalui perintah

$ sudo tlp stat -c

Nah, mungkin cukup sekian tutorial menghemat daya batrai di Linux Ubuntu kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. :)

Leave a comment

Plain text only. Comment must be over 20 characters.

Bergabung di newsletter

Saya menulis tentang Open Source, JavaScript, Pemrograman, dan desain Front-end. Bergabunglah dengan yang lainnya untuk mengikuti konten saya. Dapat berhenti berlangganan kapan saja. Never any spam, ads, or affiliate links.