Cara Mengatasi Windows Hilang Setelah Install Linux (dualboot)

Ingin melakukan dualboot antara Windows dengan Linux tetapi setelah instalasi linux windows malah tidak terbaca? Sebenarnya ada beberapa kasus yang umumnya menyebabkan partisi windows tidak terbaca di grub linux.

Kemungkinan penyebabnya antara lain

Windows memang benar – benar hilang.

Yang dimaksudkan di sini adalah partisi windows memang benar – benar hilang karena ada kesalahan ketika mengatur partisi untuk instalasi inux. Jika ketika proses instalasi agan memilih “Erase Entire Disk” ketika sesi Installation Type. Maka bisa dipastikan paritisi windows memang benar benar hilang. Maka untuk itu, sangat direkomendasikan untuk mempartisi disk secara manual dengan cara memilih “Something else”

Windows tidak terbaca ketika proses instalasi grub.

Jika agan berhasil boot ke grub, dan melihat daftar OS yang terinstall di komputer agan seperti Ubuntu, dll, tetapi tidak melihat windows. Kemungkinan Windows agan tidak terbaca ketika proses instalasi grub.

Nah, jika penyebab masalahnya adalah pada point Windows tidak terbaca ketika proses instalasi grub, maka dapat kita benahi hanya dengan melakukan perintah di terminal, perintah tersebut yaitu

$sudo update-grub

Kemudian masukan password root, tunggu hingga prosesnya selesai. Namun, jika masalahnya adalah pada point pertama, yaitu windows hilang gara2 salah melakukan partisi atau partisi terhapus ya jalan satu-satunya hanya install ulang windowsnya.

Leave a comment

Plain text only. Comment must be over 20 characters.

Bergabung di newsletter

Saya menulis tentang Open Source, JavaScript, Pemrograman, dan desain Front-end. Bergabunglah dengan yang lainnya untuk mengikuti konten saya. Dapat berhenti berlangganan kapan saja. Never any spam, ads, or affiliate links.