Rabu, 01 Juni 2016

Krita, Software Alternatif Untuk Digital Painting

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai user GNU/Linux menggunakan GIMP (GNU Image Manipulation Program) sebagai software untuk editing foto atau desain digital. Aplikasi berbasis raster ini sudah mainstream digunakan oleh kalangan user GNU/Linux di dunia. Atau mungkin bagi pengguna Windows sudah sangat familiar oleh Adobe Photoshop, aplikasi yang sangat jamak digunakan dalam kegiatan komersial namun dalam penggunaannya mayoritas masih menggunakan versi yang bajakan.

Sebagai alternatif GIMP atau Photoshop, kini ada Kira. Kira adalah sebuah aplikasi open source yang merupakan bagian dari aplikasi KOffice dari lingkungan desktop KDE dan dikembangkan oleh Krita Foundation.

Walaupun bersifat opensource, namun Krita memiliki banyak fitur yang tidak kalah oleh software berbayar seperti photoshop. Krita ini juga support dengan ekstensi Photoshop PSD, PNG, BMP, GIF, JPEG, JPEG-2000, EXR, PNM, EPS, PDF, OpenDocument ODG, OpenRaster, Camera RAW, TIFF, dan XCF.

Berikut adalah beberapa fitur pada aplikasi Krita:

1. Tampilan User Interface yang mudah untuk digunakan.

Tampilan Krita. (source: krita.org)

Krita ini memliki user interface yang user friendly (mudah digunakan). Karena tatak letak tools-toolsnya seperti aplikasi pengolah gambar kebanyakan. Sebagai pengguna baru hanya cukup belajar menyesuaikan dengan tools di Krita.

2. Memiliki brush yang banyak.

Brush di Krita. (source: krita.org)

Krita secara default sudah menyediakan banyak jenis pola brush yang bisa digunakan. Secara default Krita macam brush yang tersedia adalah: pixel, smudge, curve, deform, dyna, experiment, grid, particle, sketch, dan spray brushes. selain itu kita juga bisa menambahkan brush kita sendiri melalui fitur import brush.

3. Filter dan Efek

Filter dan efek di Krita. (source: krita.org)
Seperti layaknya Adobe Photoshop, Krita juga memiliki fitur filter dan efek yang dapat digunakan pada layer.

Selain ketiga fitur yang saya sebutkan diatas, masih banyak fitur yang tersedia oleh aplikasi Krita yang tidak dapat saya sebutkan. Untuk lebih jelasnya kunjungi website Krita langsung dengan klik button dibawah.
Cara instalasinya silahkan klik button berikut untuk mendapatkan versi yang paling terbaru.


EmoticonEmoticon