Sabtu, 05 November 2016

Cub Linux, Kombinasi Chromium dengan Ubuntu Linux



Cub Linux (Cub berasal dari kata Chromiun + Ubuntu) merupakan linux hasil gabungan dari Chromium browser dan Ubuntu Linux. Linux ini terfokus seperti Chromium OS, yaitu web-focused Linux distribution dengan fitur dan tambahan komponen yang handal, integrasi dengan google, beberapa aplikasi berbasis web, dan masih banyak lagi fiturnya. Aplikasi-aplikasi di dalamnya kebanyakan sama dengan bawaan dari Ubuntu Linux.

Sebenarnya, Cub Linux ini adalah brand baru dari Chromium OS Project dimana dengan menggunakan distro ini memungkinkan penggunanya untuk:

  • Mengubah OS komputer menjadi seperti Chromebook.
  • Mengintall aplikasi konvensional untuk pekerjaan offline, seperti pekerjaan kantor, mencetak dokumen, membuka file media, dan banyak lagi.
  • Memanfaatkan browser Chromium dengan beberapa aplikasi lainnya dari toko Chrome.
  • Sinkroniasi akun dengan Google, dan masih banyak lagi.

Untuk saat ini, Cub Linux sudah masuk rilis versi 1.0 dimana ini merupakan release candidate stage, siap untuk digunakan bagi user diluar sana. Cub Linux ini berbasis Ubuntu 14.04.4 LTS dengan kernel 4.2. Tersedia dalam 32-bit dan 64-bit, dan untuk 64-bitnya tersedia UEFI dan Secure Boot untuk instalasinya.

Untuk kenyamanan dalam menggunakan distro ini, spesifikasi yang harus dipenuhiadalah sebagai berikut.

  • Install 32-bit for older computers with 1GB RAM or less
  • Install 64-bit for computers with 1.5GB+ RAM
  • Install 64-bit for Windows 8/10 Secure Boot and UEFI support on Windows, Chromebooks or Macs

Kalian dapat mendownload versi 32-bit ataupun 64-bitnya dari sini. Dan untuk panduan instalasi, informasi, kostumisasi ataupun pemecahan masalah ketika menggunakan linux ini kalian bisa mengunjungi Cub Linux Wiki.


Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih.


EmoticonEmoticon