Cara Menghubungkan Domain ke VPS dengan CloudFlare

Cara Menghubungkan Domain dengan VPS atau bisa juga disebut dengan Setting DNS (Domain Name Server). Pada kali ini kita menggunakan cara yang termudah dan paling aman, yaitu menggunakan layanan free DNS dari CloudFlare. Untuk alasan sekuritas sendiri, CloudFlare memberikan fitur-fitur gratis seperti proteksi SQL injection, DDOS,  dll. Anda bisa membaca fitur-fitur lainnya secara lengkap di situs resmi CLoudFlare.com.

1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendaftar akun di www.cloudflare.com

2. Setelah berhasil, login dan pilih Add Site, nanti otomatis CloudFlare akan men-scan DNS record domain anda selanjutnya pilih > Continue > Pilih yang Gratis/Free > Continue.

3. Selanjutnya arahkan ke IP VPS anda.

cloudflare 1

Ganti 43.252.137.20 dengan alamat IP VPS anda.

4. Selanjutnya akan tampil Name Server untuk domain anda.

5. Kemudian, masuk ke kontrol panel domain anda dan ubah Name Server sesuai dengan yang ada pada panel CloudFlare anda. Contohya NSnya seperti  berikut ini:

cloudflare 2

6. Konfigurasi telah selesai, silahkan tunggu 1×24jam. Jika settingan anda benar, maka domain telah terhubung dengan IP VPS anda.

Selain menggunakan Name Server CloudFlare, cara untuk menghubungkan domain anda ke Virtual Private Server (VPS), yaitu anda juga bisa membuat Name Server sendiri dengan nama domain anda.
Untuk tutorial dengan membuat Name Server sendiri akan saya buatkan segera :)

Leave a comment

Plain text only. Comment must be over 20 characters.

Bergabung di newsletter

Saya menulis tentang Open Source, JavaScript, Pemrograman, dan desain Front-end. Bergabunglah dengan yang lainnya untuk mengikuti konten saya. Dapat berhenti berlangganan kapan saja. Never any spam, ads, or affiliate links.