Lupa Password Windows? Reset Password Windowsmu Dengan Ubuntu Live

windows 1

Pernah tidak sih, kalian lupa password untuk login pada OS Windows yang sedang dipakai? Jika pernah mengalami lupa password login Windows, tutorial berikut ini kemungkinan besar akan sangat bermanfaat. Dalam tutorial kali ini kita akan belajar cara menghapus password administrator windows dengan menggunakan CD Live atau USB Live Ubuntu.

Langsung saja kita menuju langkah-langkahnya, sebagai berikut:

1. Download / Persiapkan file ISO Ubuntu

Hal yang pertama harus dilakukan yaitu adalah mendownload file ISO Ubuntu yang nantinya akan kita pakai disini. Jika sudah di download, lakukan burning file ISO tersebut ke CD atau buat bootable ke USB Drive.

2. Boot ke Ubuntu Live CD

Jika bootable Ubuntu telah siap, lakukan Boot Live CD pada ubuntu dengan memilih menu "Try Ubuntu Without Installing"

3. Install chntpw

Jika sudah masuk ke desktop ubuntu live, buka browser lalu download program chntpw yang nantinya akan kita gunakan. Untuk link downloadnya sebagai berikut:

Ubuntu 16.10 : http://packages.ubuntu.com/yakkety/chntpw
Ubuntu 16.04 : http://packages.ubuntu.com/xenial/chntpw
Ubuntu 14.04:  http://packages.ubuntu.com/trusty/chntpw

Simpan file di storage, bisa di harddisk. Lalu eksekusi file tersebutdengan perintah dpkg.

sudo dpkg -i chntpw_1.0-1_amd64.deb
4. Buka Nautilus

Jika sudah, buka Nautilus (File explorer) kemudian akses partisi windows dan akses C:/Windows/System32. Buka folder config lalu klik kanan, pilih open with terminal.

5. Jalankan chntpw

Hal yang terakhir dilakukan adalah menjalankan program chntpw melalui terminal. Ketika kita menjalankan terminal ini, posisi harus di folder C:/windows/System32/config (sesuai dengan poin 4 diatas) dan pada linux biasanya terbaca sebagai di direktori  /media/NomorSerial/Windows/System32/config.
Langsung saja jalankan perintah dibawah ini.

sudo chntpw -u Administrator SAM

Tekan tombol 1 untuk menghapus password OS Windows, atau bisa menekan tombol 2 untuk mengganti password OS Windows kita, jika telah selesai tekan q untuk keluar.

Selesai, lakukan reboot PC/Laptop kamu dan masuklah ke OS Windows, lihat hasilnya. Dalam tutorial ini dapat disimpulkan, linux sangat bermanfaat untuk untuk kehidupan sehari-hari, sekalipun itu untuk memperbaiki OS Windows. Jadi, jangan tinggalkan linux hanya karena alasan susah dipakai.

Leave a comment

Plain text only. Comment must be over 20 characters.

Bergabung di newsletter

Saya menulis tentang Open Source, JavaScript, Pemrograman, dan desain Front-end. Bergabunglah dengan yang lainnya untuk mengikuti konten saya. Dapat berhenti berlangganan kapan saja. Never any spam, ads, or affiliate links.