Mengapa Kita Harus Menggunakan Linux / Migrasi ke Linux?

windows to linux

Mungkin beberapa dari kita pengguna linux pernah mendengar pertanyaan “kok make linux sih? Padahal kan enak make windos.”

Menurut saya inilah alasan-alasan yang dapat kalian katakan jika ada yang bertanya demikian.

1. Linux itu GRATIS!

linux free

Yak, Benar sekali, Linux itu gratis. Kita tidak perlu terbebani oleh lisensi yang mahal seperti OS sebelah (re: Windows & Mac). Jaman sekarang, siapa sih yang gamau pakai yang gratisan?

2. Linux itu Open Source.

Dengan menggunakan Linux selain gratis, kita juga dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang bebas lisensi karena bersifat Open Source. Kita bebas untuk mengembangkan software tersebut. Selain itu, kita bisa juga bebas melakukan remastering distro linux yang sudah ada sesuai selera kita. Tentu hal tersebut hal yang menyenangkan bukan? Berbeda dengan Windows, untuk menggunakan software-softwarenya saja kita harus membayar mahal, memang tidak semua aplikasi Windows dan Mac itu berbayar. Namun untuk beberapa aplikasi berbayar yang close source jika mau gratis ya harus menggunakan crack.

3. Linux itu aman dari virus.

Linux itu aman dari virus. Sebenarnya tidak 100% bebas virus, saya pernah membaca ada project pembyuatan virus yang khusus dibuat untuk linux, namun itu hanya sebagai pembuktian bahwa linux bisa terserang virus. Setelah project tersebut berhasil, virusnya-pun tidak dikembangkan lagi. Saya sendiri sudah 3 tahun menggunakan linux, terbukti aman. Semua data saya juga terbebas dari virus. Jadi jangan takut pakai Linux!

4. Linux itu mudah.

Yak, mungkin kata mudah disini tergantung pribadi masing-masing user. Tapi dengan bantuan Desktop Environment yang melimpah di linux, linux bisa kita gunakan dengan user friendly. Katakan saja ada GNOME, KDE, LXDE, XFCE, Unity. Dengan berbagai pilihan Desktop Environment tersebut, kita bisa bebas memilih desktop yang paling mudah bagi kita!

5. Linux itu cantik.

budgie 2

Masih berhubungan dengan Desktop Environment. Linux itu cantik loh, kita bisa bebas mengoprek desktop di linux kita. Kalian search aja di google image dengan keyword “Linuxer Desktop Art” atau bergabung dengan group facebook Linuxer Desktop Art, disana kalian akan melihat banyak contoh desktop yang cantik dan menawan.

6. Linux itu ringan.

Sudah saya buktikan sendiri perbandingannya dengan windows 7, 8, maupun 10. Hampir semua varian distro linux terasa lebih ringan. Lihat saja screenshot system monitor pada terminal linux saya berikut.

linux ringan

CPU Usage tidak ada yang melebihi 20%, dan memory ram hanya terpakai kurang dari 1GB dengan posisi pemakaian mendengarkan lagu, membuka file manager, dan mengetik artikel ini. Sangat cocok untuk perangkat PC atau Laptop tua.

7. Linux itu BEBAS DOSA.

Yak, mungkin ini berlebihan. Namun linux itu bebas dosa. “Loh? Kok bisa?”. Ya, karena linux itu gratis, opensource, kita jadi terbebas dari lisensi yang menuntut kita untuk “mencuri” karena sudah disediakan gratis oleh komunitas.

Jadi, itu hanyalah pendapat dan opini saya tentang mengapa kita harus menggunakan linux. Jika ada tambahan silahkan berkomentar saja.

Leave a comment

Plain text only. Comment must be over 20 characters.

Bergabung di newsletter

Saya menulis tentang Open Source, JavaScript, Pemrograman, dan desain Front-end. Bergabunglah dengan yang lainnya untuk mengikuti konten saya. Dapat berhenti berlangganan kapan saja. Never any spam, ads, or affiliate links.